Self talk & Self inquiry 

​Self Talk & Self Inquiry

Bagaimana self talk dan self inquiry bisa menyelesaikan masalah hidup kita ? Apa perbedaannya ? Saya akan menjelaskan dengan sebuah study case. 

Anggap saja kamu saat ini sedang tersesat disebuah hutan sendirian, karena kamu sedang lelah kamu duduk menyender disebuah pohon. Tiba-tiba jatuh sebuah tali panjang yang penampakannya seperti ular. Secara spontan kamu menghindar, kamu pun cemas Dan ketakutan. 

Bagaimana caramu menyelesaikan ketakutanmu dengan self talk ? 

Kamu mengatakan pada diri berulang-ulang “aku berani, aku tenang, aku aman” kamu mengatakan nya berulang-ulang Dan akhirnya kamu tenang terbebas dari ketakutan. 

Bagaimana kamu menyelesaikan ketakutanmu dengan Self inquiry ? 

Kamu memperhatikan batinmu dan kamu juga memperhatikan apa yang panca indra kamu lihat. Kamu melihat batinmu begitu liar berasumsi macem-macem dari muncul pikiran akan digigit ular, akan menjadi keracunan, akan sakit DLL, dan kamu melihat benda yang mirip ular itu ternyata bukan ular. Kamu menyadari rasa takut muncul ketika melihat tali yang mirip ular lalu batin memunculkan berbagai macam persepsi dan diri ini menyimpulkan apa yang ada di batin kita itu adalah kenyataan yang apa kita lihat . kita menjadi tidak takut karena menyadari bahwa ketakutan ini hanyalah pikiran liar yang muncul dari respon ketika melihat tali yang disangka ular. 

Dari sini kita melihat dua Cara yang berbeda antara self talk Dan Self inquiry dimana dengan self talk kita menyelesaikan masalah dengan memprogram pikiran kita namun kita tidak mengetahui hakikat Realita sesungguhnya dari apa yang kita lihat. Kita hidup bermain-main dengan manipulasi pikiran, sedangkan self inquiry menyelesaikan masalah dengan menyadari keberadaan batin kita secara jelas, keberadaan apa yang kita lihat dengan jelas sehingga kita mengetahui bahwa ketakutan itu sebenarnya hanyalah ilusi batin bukan Realita sesungguhnya. 

Dilain kesempatan saya akan sharingkan bagaimana Self Inquiry digabungkan dengan Self Talk menjadi suatu kesatuan yang powerful. 

Maret 23, 2017

0 responses on "Self talk & Self inquiry "

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    X