Hoax & kesadaran

​Hoax & Kesadaran 
Di era internet ini buat saya peluang bagus untuk kita berlatih mengenal diri. Kok GT ? Ia soalnya banyak hoax berkeliaran di media internet. Buat saya Hoax itu objek kita berlatih mengenal kesadaran yang bagus sekali, dengan berlatih kesadaran tentunya secara tidak langsung kamu juga berlatih kecerdasan emotional. 
Caranya gini loh… Misalkan muncul berita ( ga perduli ini bener apa enggak ) hal pertama yang perlu di lakukan adalah 
A. Merenungi sifat Ego kita 
“Menyadari bahwa ego ini mau nya melihat&mendengar yang sesuai dengan keyakinan kita, mau benar/salah pokoknya kita suka ya benar kita ga suka ya salah”. 
Dengan Cara ini lah kita ga gampang hanyut. Membabi buta menerima kebenaran. Ini praktik pribadi yang bagus sekali, karena kamu memberikan jeda pada dirimu untuk melihat ego mu yang berkeliaran muncul saat kau mulai merenungkan hal ini. 
Kedua yang harus di lakukan.
B. Cari tahu dari mana asal informasi ini, dari mana sumbernya, siapa yang menyebarkan, kira-kira bisa di percaya atau tidak kebenaran nya. 
Dengan Cara ini kita memberikan jeda kedua Kali pada diri kita, tidak langsung menerima maupun menolak tapi cari tahu lebih jelas sumber informasi nya. 
C. Jangan pernah lanjutkan berita yang cuma kamu mengetahui bukan mengalami langsung. 
Nah ini cobaan terakhir, kita terbiasa melampiaskan diri dengan me lanjutkan cerita / berita yang kita sendiri tidak mengalami langsung. Saran saya biasakan menahan untuk tidak bercerita atau setidaknya Cara kamu bercerita jangan lupa selalu pakai kata ” ini loh ada berita yang saya ga tahu kebenaran nya, saya lihat di ……..” , karena kita terbiasa hanyut bercerita dengan meyakinkan orang lain bahwa ini berita benar loh atau berita ini salah loh. Dengan Cara ini kita memberikan jeda pada pikiran kita sehingga kita tidak hanyut. 
Dengan praktik sederhana ini, percaya deh pasti penderitaan kita karena hoax berkurang , malah membuat kita semakin selalu aware Dan tetap bisa Happiness Here&Now mau berita itu benar maupun salah. 
Selamat berlatih ! 

Happiness is my Right

www.LucidAshram.com

Januari 30, 2017

0 responses on "Hoax & kesadaran"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    X