Berlatih Meditasi secara menyeluruh ! 

Jika berbicara Meditasi pasti yang paling kita kenal adalah Meditasi mindfulness. Meditasi menyadari setiap objek yang kita perhatikan. Praktik inilah yang begitu banyak ditekuni banyak orang-orang di Dunia. Ini memang baik dan memberikan efek yang bagus untuk pada perkembangan emosional dan spiritual kita, namun ada beberapa praktik yang dilupakan oleh banyak praktisi Meditasi. Apakah itu ? Pertama praktik kesadaran saat tertidur Dan saat bermimpi. 

Praktik Meditasi adalah praktik berbicara mengenai kesadaran. Dan kesadaran itu bukan saja ada disaat kondisi kita terbangun, kesadaran juga tetap ada di dalam kondisi tertidur maupun bermimpi. Dengan inilah maka praktik meditasi kita menjadi lebih sempurna dan mencapai pencapaian yang maksimal. 

Ketika kondisi terbangun kita berlatih kesadaran yang mempengaruhi gross body kita, ketika berlatih kesadaran saat kondisi bermimpi maka kita berlatih kesadaran yang mempengaruhi subtle body kita Dan untuk praktik kesadaran di saat tertidur tanpa mimpi maka kita sedang mempengaruhi bagian diri kita yang lebih halus lagi yaitu causal body.

Ketika mengenal kesadaran saat terbangun kita memakai 5 panca Indra kita sebagai objek mengenal kesadaran, dari apa yang kita lihat, kita dengar Dan apa yang kita rasakan selain itu juga kita bisa menggunakan pikiran liar kita yang biasa di sebut dengan monkey mind sebagai objek untuk kita mengenal kesadaran. Pada saat ini kita mengeksplorasi tubuh fisik kita, kita memperhatikan hal-hal segala fenomena yang hadir pada tubuh kasar kita. Kenapa tubuh ini bisa sakit karena di pukul, bagaimana kita bisa merasakan pahit ketika meminum obat, bagaimana pikiran kesal ketika macet bisa muncul semuanya di perhatikan bagaimana proses itu semua bisa terjadi. Ketika kita mengenal kesadaran kita bisa melihat segala fenomena lebih mendalam Dan menemukan banyak hal-hal yang tidak biasa kita liat di saat kita tidak tersadari. 

Begitu juga disaat berlatih kesadaran saat bermimpi dan tertidur. Berbeda nya adalah ketika bermimpi kita mengeksplorasi mengenal lebih bagian diri kita lebih dalam lagi, di dalam mimpi bentuknya bukan saja bentuk pikiran liar yang seperti saat kita terbangun tetapi juga bentuk yang lebih halus lagi bagian diri kita yang lebih mendalam seperti ego kita , identitas” belief” yang sangat kuat sudah tertanam di dalam diri kita, Dan berbagai hal yang sangat halus. Sedangkan kondisi saat tertidur tidak bermimpi atau deep sleep merupakan praktik terpenting yang di mana, kita benar-benar terputus dengan perputaran penderitaan karna sebab Dan akibat, karena kondisi deep sleep adalah kondisi kosong tanpa apapun yang hanya kesadaran yang berada di sana. Ketiga praktik inilah yang menjadi praktik utama Dan komplit dari seorang meditator. 

Maka dari itulah sebab kenapa saya membuat pelatihan Meditasi yang berbeda dengan pada umum nya dengan memberikan pengetahuan mengajak kita semua bukan hanya berlatih kesadaran saat terbangun tetapi juga saat tertidur maupun bermimpi. 

Ikuti kelas The Philosophy of Meditation. 

Februari 28, 2017

0 responses on "Berlatih Meditasi secara menyeluruh ! "

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    X