was successfully added to your cart.

​”Otak yang menciptakan TUHAN & TUHAN yang menciptakan Otak”

By February 7, 2017Awareness

Judul di atas muncul ketika saya melihat keragaman konfik yang membawa atas nama TUHAN. Dahulu saya sempat bingung, sebenarnya TUHAN itu yang menciptakan Otak atau Otak kita yang menciptakan TUHAN. Namun perjalanan spiritual saya terus melakukan pencarian tanpa menerima secara mentah” informasi/keyakinan diberikan orang lain tetapi saya juga tidak menolak informasi tersebut. Saya menerima namun saya jadikan bahan perenungan diri, bahan praktik pribadi. Di kesadaran saat ini saya yakin betul, Tuhanlah yang menciptakan Otak kita. 

Tentunya begitu banyak orang yang sependapat dengan saya, tetap begitu banyak orang yang percaya kalau Otak pun TUHAN ciptakan tetapi prilakunya menunjukan bahwa ia mempunyai keyakinan Otaklah yang menciptakan TUHAN. 

Pada dasarnya manusia memang hanya suka mendengarkan Dan menerima yang ia suka saja dalam hal apapun, di luar apa itu “baik”/”benar”. Kebiasaan ini sampai terbawa kerana spiritual sehinggah kita pun menciptakan ilusi TUHAN kita sendiri. Kita menciptakan sosok TUHAN sesuai gambaran apa yang kita inginkan, apa yang cocok dengan kita. Tentunya tidak menjadi masalah jika itu semua di lakukan dengan penuh kesadaran, saya tahu apa yang aku polih. Namun yang menjadi masalah saya tidak tahu apa yang kita pilih yang berujung kita melekat dengan keyakinan kita yang kita ciptakan sendiri. Ketika melekat dengan ilusi kita sendiri, kita pun merasa ilusi itu menjadi seperti realita sebenarnya. Karna sudah terlalu jauh kita hanyut dengan ilusi Dan kebodohan batin kita khususnya terhadap TUHAN itu sendiri, kita merasa akan menjadi masalah ketika ” kebenaran”(ilusi) yang sudah terlanjur mendarah daging di ganggu atau di rusak. Pembahasan ini tentunya sangat panjang sekali, namun dari artikel pendek ini saya hanya ingin mempersembahkan sebuah sedikit air yang menerangkan Mata batin kita, agar kita tidak hanyut terhadap ilusi yang kita ciptakan sendiri termasuk ilusi tentang TUHAN. 

Lalu siapa Dan apai itu TUHAN yang menciptakan seluruh isi semesta ini ? Tidak ada jawaban lain selain kita sendiri yang dapat menemukan nya. Guru”, buku Suci semua hanyalah penuntun saja. Namun yang membuat kita benar” mengenal TUHAN ya hanya diri kita pribadi lewat praktik” cinta kasih&kebaikan yang kita pelajari di tradisi yang kita pegang masing”. Tidak ada orang yang dapat memastikan kamu mengenal TUHAN sesungguhnya kecuali dirimu sendiri. So jangan mudah percaya, Dan jangan mudah tidak percaya. Jadikan semua nya sebagai alat untuk kita bertumbuh semakin mengenal TUHAN. 

Leave a Reply